Gugelberg

"All grown-ups were once children… but only few of them remember it.” ― Antoine de Saint-Exupéry

Tugu To Tugu Ultra Marathon Chapter III 2016

Tugu to Tugu Chapter III adalah acara lari terakhir yang aku ikuti di tahun 2016 dan acara lari pertama yang aku ikuti di tahun 2017. Acara ini diselenggarakan oleh komunitas Bogor Runners. Acara ini dimulai dari Tugu Monas dan berakhir di Tugu Kujang, Bogor. Jarak kedua tugu tersebut adalah 55 kilometer. Acara ini sengaja didesain sehingga peserta melewatkan pergantian tahun dengan berlari. Kalau larinya terlalu cepat sih bisa finish duluan sebelum ganti tahun. Ada 2 kategori pada acara ini, 25k dan 55k. Saya khilaf dan mendaftar 55k.

Ini adalah acara lari ultra keduaku pertamaku (Jakarta Ultra tidak dihitung karena ikut 25k). Ultramarathon adalah segala acara dengan kaki yang melebih jarak marathon, 42.195km. Berkat ikut Jakarta Ultra, aku sudah mendapatkan teaser rasanya lari di jalan raya dan self support serta ada COT.

Acara ini direncanakan dimulai 31 Desember 2016 jam 14.30 di Tugu Monas dan berakhir maksimal 1 Januari 2017 jam 01.00 di Balaikota Bogor.

Peserta diharapkan berkumpul di STO Gambir 1 jam sebelum acara dimulai untuk RPC (Race Pack Collection) dan pengecekan perlengkapan wajib : lampu kepala, peluit, jas hujan/jaket, tempat air, HP, dan lampu kelap-kelip. Perlengkapan wajib itu harus dibawa peserta demi keamanan. Setelah pengecekan, kami bergerak ke tempat acara dimulai, Tugu Monas.

dari Tugu Monas

dari Tugu Monas

Peserta dan panitia menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum acara dimulai. Kami berfoto bersama dahulu beberapa kali. Setelah itu, kami berfoto lagi. Akhirnya acara dimulai pada 31 Desember 2016 pukul 14.40.

Foto bersama sebelum lari

Foto bersama sebelum lari

START – CP 1 (km 30)

Saya berlari ber-3 bersama teman saya, Dhany dan Anwar. Cuaca cukup tidak bersahabat, matahari bersinar sangat terik dan suhu udara cukup tinggi. Dari Tugu Monas, kami berlari sepanjang Jalan Jendral Sudirman lalu berbelok di Semanggi untuk menyusuri Jalan Jendral Gatot Subroto. Baru berlari 40 menitan saya sudah merasa pusing dan lelah. Saya ngadem dulu sebentar di minimarket dan membeli minuman dingin. Saya tidak bisa berlari dengan lancar karena panas yang berlebihan (berdasarkan info sih lebih dari 30 derajat celcius). Saya hanya bisa berlari kecil diselingi jalan. Air di water bladder juga berkurang dengan cepat. Cuaca panas membuat kami lebih sering berhenti di minimarket untuk membeli air, yang akhirnya membuatku lebih sering minum, dan akhirnya membuatku lebih sering berhenti untuk ke toilet. Setelah berlari 2,5jam, kami hanya menempuh jarak 16km. Sedikit dibelakang rencana awal kami, 15km dalam 2jam.

Anwar - Lorenz - Dhany

Anwar – Lorenz – Dhany

Setelah matahari mulai turun dan kami sudah mulai mendekati Depok, suhu udara menurun dan lebih nyaman untuk berlari. Kami mulai dapat berlari dengan lebih cepat dan lebih sedikit berjalan kaki. Pada km27 saya bertemu pelatih saya di Telkomsel Runners, Coach Dhunk. Sampai garis finish, saya dikawal Coach Dhunk yang bersepeda.  Kami sampai di CP 1 19.30 atau hanya 30 menit sebelum COT.

CP 1

CP 1

CP 1 – CP 2 (km 42)

Kami melanjutkan perjalan setelah panitia mulai mengumumkan bahwa 5 menit lagi COT CP 1. Istirahat hampir 30 menit cukup membuat badan lebih segar. Tidak hujan dan tidak terlalu panas, cuaca yang cocok untuk berlari. Setelah beberapa waktu, Anwar mulai mengalami masalah dengan kakinya sehingga dia tidak bisa terlalu sering berlari. Dia melakukan jalan cepat atau power walk. Kami masih berjalan bersama beberapa kilometer sampai terucap kata-kata “kalian duluan aja, klo nungguin aku nanti ke COT”. Sebagai teman yang baik, kami menunggu mengabulkan permintaan Anwar dan berlari/jalan lebih dahulu. Jalanan mulai menyempit, ramai oleh kendaraan, dan menanjak. Saya dan Dhany berlari bersama dengan beda jarak sekitar 200 meter, saya mengawasi dari belakang. Sesuai instruksi Coach Dhunk, saya lari hanya saat jalan datar dan turunan, berjalan ketika tanjakan. Berkat taktik tersebut dan energi yang masih cukup banyak, saya sampai di CP 2 pada 21.55. Saya mengisi kembali perbekalan dan berkunjung ke toilet.

CP 2

CP 2

CP 2 – Finish (km 55)

Saya mendapatkan informasi bahwa jarak CP2 sampai finish masih 15km lagi karena garis finish digeser ke Balai Kota, bukan di Tugu Kujang. Saya hanya beristirahat 5 menit di CP 2 karena 15km dalam 3 jam itu cukup berat karena tidak bisa ditempuh dengan berjalan terus, harus diselingi dengan berlari. Setelah berlari sejauh 1kilometer, saya mendapati Anwar ada di depan saya. Saya kaget. Ternyata dia tidak beristirahat di CP 2 dan langsung lanjut. Dia sampai di CP 2 ketika saya sedang di toilet. Anwar sudah tidak mau/bisa berlari dan hanya berjalan cepat. Jalan cepatnya itu cepat banget. Saya lari+jalan hampir sama kecepatannnya dengan dia jalan doang. Saya akhirnya mendahului dia dan berjalan duluan.

Kaki saya masih kuat dan tidak ada kram atau cedera, tapi saya merasa sudah tidak bertenaga. 2 Gu Gel cukup membantu menjadi sumber energi. Jalan dari CP2 sampai Finish itu sepi dan menanjak. Saya jarang bersama pelari lain, hanya Coach Dhunk saja yang setia memberi semangat. Sampai ketika Coach Dhunk makan, saya harus melanjutkan perjalan sendiri sambil memotivasi diri sebaik-baiknya. Telapak kaki mulai sakit digunakan untuk berjalan dan lebih nyaman digunakan berlari. Tenaga sudah habis sehingga berlari lebih susah, energi dari Gu Gel juga sudah habis. Jalanan terus menanjak dengan sedikit bonus. Aku harus memaksa diri untuk berlari meski tanjakan demi mengejar COT.

Perjuanganku tidak sia-sia, 40 menit sebelum COT aku sudah sampai di pertigaan (lurus ke Tugu Kujang, kanan ke Balaikota Bogor), 3km dari garis finish. Karena daerah Tugu Kujang cukup padat, rute yang awalnya ke Tugu Kujang dulu baru ke Balaikota Bogor diubah menjadi langsung ke Balaikota. 3km dipotong menjadi 1km. Saya diberi pilihan untuk langsung menuju garis finish atau foto-foto dulu di Tugu Kujang. 40 menit untuk ke Tugu Kujang trus ke garis finish, ya 3 kilometer paling, cukup lah. Saya melanjutkan perjalan ke Tugu Kujang, foto, lalu berbalik menuju Balaikota Bogor. Ternyata jaraknya lebih dari 3 kilometer dan tanjakan cukup curam. Penyesalan memang datang belakangan.

sampai Tugu Kujang

sampai Tugu Kujang

FINISH

1 Januari 2017 jam 00.57 aku berhasil finish, 3 menit sebelum jam 01.00. Rasanya sangat puas dan lega bisa finish tanpa cedera. Aku berhasil menjadi ultraman!

Finish setelah berlari satu tahun

Finish setelah berlari satu tahun

Setelah finish, aku diberi nasi kotak, pisang, apel, pocari, air mineral, medali, dan kaos penamat. Saya mencari Dhany yang finish di depan saya. Saya cukup terkejut melihat Anwar sudah finish. Dia finish beberapa menit sebelumnya. 13 kilometer power walk bukanlah hal yang mudah. Saya kagum dengan determinasi dan semangat Anwar untuk bisa finish sebelum jam 01.00.

Hasil ini tidak lepas dari beberapa minggu berlatih bersama Coach Dhunk, support komunitas Telkomsel Runners yang memberikan semangat dan perbekalan, beberapa teman di WA, dan beberapa orang yang memberi semangat di sepanjang jalan. Sepanjang jalan, aku membawa tas berisi perlengkapan wajib dan water bladder berisi 500 ml – 1 l air, biar tidak berat dan selalu ada cadangan air. Dua salt stick, tiga Gu Gel, belasan pisang, sepotong semangka, sebotol Mogu-mogu, berliter-liter air mineral dan Pocari Sweat, dan garam dapur secukupnya menjadi konsumsiku selama menempuh perjalanan dari Tugu Monas menuju Balaikota Bogor. 10 jam 17 menit untuk 55++ km.

55 kilometer dengan sedikit bonus

55 kilometer dengan sedikit bonus

Medali Tugu to Tugu

Medali Tugu to Tugu

Mengapa Kamu mau berlari sejauh itu?

Karena dunia ini butuh lebih banyak superhero dan Ultraman adalah superhero. Alasan aslinya sih karena diajakin Dhany dan emang malam tahun baru tidak ada agenda.

Leave a Reply

Information

This entry was posted on 02/01/2017 by in lari.
