Gugelberg

"All grown-ups were once children… but only few of them remember it.” ― Antoine de Saint-Exupéry

Jakarta Goes Pink 2016

Pada 9 Oktober 2016, saya mengikuti acara Jakarta Goes Pink. Acara ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran akan deteksi dini sekaligus mendukung perjuangan sabahat penyintas kanker payudara.

Acara ini diadakan di daerah Sunter. Acara mulai jam 05.30 sehingga saya harus bersiap-siap sejak pukul 04.00. Ada kesalahan komunikasi (tentu saja di pihak saya) yang membuat saya dan teman-teman saya lupa untuk mengambil race pack. Kami akhirnya baru bisa mengambil race pack pada hari-h dan 5 menit sebelum lari dimulai (karena sempat berputar-putar di jalan). Saya mendapatkan 1 buah tas yang berisi kaos, BIB, dan beberapa kertas (voucher dll). Salah satu kertas tersebut berisi tulisan yang menerangkan bahwa medali saya akan dikirimkan langsung ke kantor dan sebagai balasan saya akan mendapatkan pin apabila finish. Saya terlambat ikut berlari karena harus memasang BIB terlebih dahulu. Saya lari 5 menit setelah peserta 10k lain sudah mulai berlari.

ACARA

Ada 3 jenis kegiatan pada acara ini : fun walk, lari 5k, dan lari 10k. Saya mendaftar untuk mengikuti 10k atau berlari sejauh 10km. Banyak artis yang yang mengikuti acara ini termasuk Chelsea Islan, Alya Rohali, dan beberapa nama terkenal lainnya. Ada banyak booth yang menawarkan banyak produk termasuk periksa USG untuk mendeteksi kanker payudara.

Sesuai judul acaranya, peserta lari diharapkan menggunakan baju lari dari panitia (yang berwarna putih pink) atau baju berwarna pink untuk mendukung gerakan ini.

Rute lari Jakarta Goes Pink cukup menyenangkan. Jalan cenderung datar dengan hanya ada 2 tempat yang sedikit menanjak. Water station ada di km2.5, km5, dan km7.5 Pada water station disediakan air putih dan UC1000 (kalau tidak salah). Marshal berjaga hampir di setiap pertigaan dan perempatan jalan agar pelari tidak terganggu dengan kendaraan yang ingin lewat. Rute lari tidak steril dari kendaraan bermotor, namun jalur yang digunakan berbeda sehingga pelari dapat berlari dengan nyaman. Panitia menyediakan air putih,pisang, dan medali setelah garis finish. Beberapa peserta hanya mendapat pin dan medali akan dikirimkan kemudian. Total jarak 10k menurut aplikasi yang saya gunakan adalah 9.8km, sehingga saya berjalan agar mencapai 10km.

Pada beberapa bagian rute lari saya melihat pemandangan yang agak kontras. Ada rumah yang cukup besar di sebelah kiri dan sungai di sebelah kanan. Di seberang sungai terlihat permukiman yang (tampaknya) padat penduduk.

Run for a cause, I run to raise breast cancer awareness.

Run for a cause, I run to raise breast cancer awareness.

Apabila ada tawaran seperti tahun ini lagi untuk mengikuti Jakarta Goes Pink 2017, saya akan menerimanya.

TRAGEDI

Terdapat banyak booth pada garis start/finish. Beberapa booth membagikan makanan dan minuman gratis (ada cerita lain yang bisa dibaca di sini). Sementara teman saya berjalan-jalan, saya memutuskan untuk mengikuti tantangan yang diadakan oleh salah satu booth. Tantangan tersebut adalah lari di treadmill selama 3 menit, peserta yang terjauh akan mendapatkan hadiah.

Saya bersiap untuk berlari dan memasukkan HP ke dalam tas dan meletakkan tas di meja sebelah treadmill. Saya berlari selama 3 menit dan berhasil menempuh jarak 700meter. Sebuah prestasi untuk saya tetapi masih cukup jauh dari penguasa klasemen saat itu. Saya langsung mengambil tas saya, menerima air putih dari panitia, dan langsung mencari tempat duduk untuk mengambil nafas. Saya beristirahat selama beberapa menit baru kemudian menyadari bahwa HP saya tidak ada di dalam tas saya. HP saya hilang dicuri dipinjam orang tidak dikenal. Saya hanya bisa berharap HP saya cepat dikembalikan.

Tidak ada yang mengawasi HP saya karena panitia dan orang-orang di sekitar saya fokus untuk memberikan semangat pada saya yang berlari. Hilangnya HP saya tidak lepas dari kecerobohan saya sendiri yang hanya memasukkan HP secara asal ke dalam tas, hanya saya letakkan sedikit di dalam tas. Saya mendapatkan pelajaran berharga dengan cara yang agak mahal.

Leave a Reply

Information

This entry was posted on 11/10/2016 by in lari.
