Gugelberg

"All grown-ups were once children… but only few of them remember it.” ― Antoine de Saint-Exupéry

Saya Pulang (2016)

Setelah “kegagalan” pada tahun lalu, yang bisa dibaca di sini (Saya Pulang), saya membulatkan tekad untuk bisa menyelesaikan salah satu “Resolusi Tahun 2016”.

Saya akan berlari dengan total jarak (minimal) sejauh Jakarta – Sukoharjo

Jarak Jakarta - Sukoharjo

Jarak Jakarta – Sukoharjo

Jarak Jakarta – Sukoharjo secara kasar adalah 569 KM. Saya tipe orang yang cenderung tersesat dan pencatatan jarak yang saya gunakan kadang mencatat jarak lebih jauh dari yang saya jalani. Dua hal tersebut membuatku memutuskan bahwa jarak yang saya incar adalah 600KM.

Selection_001.png

Hasil berlari sampai 11 Juni 2016

Bisa dilihat dari gambar di atas, saya telah berlari 61 kali dan menempuh jarak 607KM dengan waktu 88 jam 49 menit.

BERHASIL!!!!

Bagi saya 600KM itu tidak dekat. Entah sudah berapa ribu tetes keringat menetes sepanjang perjalanan. Saya sangat bersyukur bisa menyelesaikan resolusi ini meski belum setengah tahun berjalan.

Secara rata-rata, setiap kali berlari saya menempuh 10KM dengan waktu 1 jam 30 menit. Tidak terlalu cepat tapi bisa membawa saya sampai ke tujuan.

88 jam bukanlah waktu yang sebentar. Dengan waktu sebanyak itu, saya bisa bermain kira-kira 88 partai dota. Saya bukanlah tipe orang yang bisa mendengarkan lagu sambil berlari. Saya menghabiskan waktu dengan berpikir tentang banyak hal. Beberapa ini contoh beberapa hal yang saya pikirkan sambil berlari :

  • Sekilo lagi nyampe nih –> ulangi ketika dibutuhkan
  • Capek ya, ah dikit lagi ah, nanggung –> ulangi sampai gak nanggung lagi
  • Beberapa ratus meter lagi tempat jualan, bisa beli minum
  • Kok ada suara susu murni nasional sih, ntar berhenti ah klo nemu di depan
  • Sebentar lagi garis finish
  • Sepertinya itu salahku
  • Lapar…. –> sambil memikirkan makanan enak untuk disantap
  • Ikutin mbak-mbak depan itu ah
  • Ini kok gak nyampe-nyampe sih
  • Nyanyi ah biar semangat –> mencoba menyanyi dan mendengar suara gak enak–> bersiual aja deh
  • Kenceng amat dah larinya  (ketika berlari bersama teman)

Saya sebenarnya cukup kaget bisa menyelesaikan resolusi ini kurang dari 6 bulan. Penyebab terbesar hal ini bisa terwujud cukup cepat adalah adanya dorongan dari group lari di kantor saya, Telkomsel Runners. Banyak tantangan-tantangan berhadiah sehingga membuat saya semangat untuk berlari. Tentu saja teman berlari juga salah satu alasan saya bisa menempuh jarak sejauh itu, terutama senior saya dalam berlari dan beberapa teman saya.

Saya berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu tercapainya resolusi ini.

1 meter = 3 langkah kaki saya.

600 km = 1,800,000 langkah kaki

Langkah kaki ke 1.8 juta dimulai dari langkah pertama

Sebagai target tahun depan, saya ingin pulang dengan waktu yang lebih singkat. 88 Jam 48 menit angka yang cantik.

Saya akhiri post ini dengan berkata, “Saya pulang”.

One comment on “Saya Pulang (2016)

  1. Pingback: Jakarta Marathon 2016 | Gugelberg

Leave a Reply

Information

This entry was posted on 12/06/2016 by in Uncategorized and tagged , , , , , .
