Gugelberg

"All grown-ups were once children… but only few of them remember it.” ― Antoine de Saint-Exupéry

Gunung Prau 2

Setelah berjalan-jalan ke Gunung Prau pada bulan April 2014, teman saya mengajak untuk naik ke Gunung Prau. Setelah beberapa saat bertanya “mengapa saya harus naik Gunung Prau lagi?, saya memutuskan untuk mengganti pertanyaan. “Why not”?

BERANGKAT

Saya menggunakan bus Pahala Kencana dari Rawamangun sampai ke Wonosobo. Bus berangkat jam 18.30 di hari Jumat dan sampai jam 08.00 hari berikutnya. Harga tiket bus Pahala Kencana IDR 150000. Anda akan mendapatkan selimut, 1 bantal untuk dua kursi, minum dan roti, dan makan malam (nasi, lauk, sayur, air).

Dari Terminal Wonosobo, anda bisa langsung menuju ke base camp untuk naik ke Gunung Prau. Ada 2 pilihan base camp, Desa Patak Banteng atau Dieng. Anda cukup mengeluarkan IDR 20000 untuk ongkos minibus.

NAIK GUNUNG

Saya naik dari base camp di Patak Banteng. Waktu yang kami butuhkan 2 jam untuk naik sampai ke puncak. Ada 3 pos yang harus anda lewati : POS I (Sikut Dewo), POS II (Canggal Walangan), dan POS III (Cacingan).

Kami mulai berkumpul jam 15.00 sehingga kami mengutus beberapa pendaki cepat untuk mendaki dan memilih tempat untuk mendirikan tenda. Satu hal yang kami lupakan adalah Puncak Gunung Prau saat akhir pekan berubah menjadi pasar. Puluhan tenda terpasang di camp area yang sangat luas. Anda akan dengan mudah mencari tempat untuk mendirikan tenda di Bukit Teletubbies, tidak perlu takut kehabisan tempat. Kami , kelompok pendaki santai, kesulitan mencari tenda kelompok pendaki cepat. Kami membutuhkan waktu 1 jam untuk berkeliling dan mencari.

TIPS : Apabila Anda membagi kelompok menjadi 2, kelompok cepat dan kelompok santai, buatlah sebuah perjanjian sebelumnya tentang cara mencari. Cara tersebut bisa dengan kata sandi, lampu senter, atau green laser pointer.

Saya paling kaget bahagia ketika melihat Teletubbies di Bukit Teletubbies. Anda bisa berfoto bersama Teletubbies dengan mengeluarkan uang IDR 5000 untuk foto sendiri dan IDR 10000 untuk foto berkelompok.

Berfoto bersama Teletubbies di bukit Teletubbies

Kami membutuhkan waktu 2 jam juga untuk turun ke base camp karena banyaknya pendaki. Ada beberapa tempat yang menjadi titik macet sehingga kami perlu antri.

Jalur Patak Banteng menurut saya cukup sulit dilalui (dibandingkan Jalur Dieng, meskipun Jalur Dieng lebih jauh). Jalur Patak Banteng sangat curam dan banyak tempat yang berpasir sehingga cukup sulit untuk didaki. Anda perlu berhati-hati ketika turun karena jalur berpasir sehingga licin, terlebih banyaknya pendaki yang turun sehingga antrian cukup panjang terjadi. Antrian paling panjang terjadi 50 meter sebelum POS I.

PULANG

Saya menyempatkan diri untuk membeli oleh-oleh. Beberapa oleh-oleh yang bisa Anda bawa dari dieng : Carica, Jamur, Kacang Dieng, dan Combro. Anda bisa menyempatkan diri untuk mencoba makanan khas Wonosobo, mie ongklok.

Dari Patak Banteng, anda bisa langsung menuju ke Terminal Wonosobo menggunakan minibus. Seandainya beruntung, Anda cukup mengeluarkan IDR 15000 untuk ongkos minibus.

Saya menggunakan bus Sinar Jaya dari Wonosobo menuju Jakarta. Jadwal bus berangkat jam 16.00 tetapi bus baru berangkat jam 16.30. Saya sampai di Pulo Gadung 08.00. Harga tiket bus Sinar Jaya IDR 95000. Anda TIDAK akan mendapatkan selimut, bantal, minum dan roti, dan makan malam.

Rincian biaya tranportasi :

• Bus Pahala Kencana : Rawamangun – Terminal Wonosobo : IDR 150000
  • Minibus : Terminal Wonosobo – Patak Banteng : IDR 20000
  • Minibus : Patak Banteng – Terminal Wonosobo : IDR 15000
  • Bus Sinar Jaya : Terminal Wonosobo – Pulo Gadung : IDR 95000

Total biaya : IDR 280000

TIPS : Anda bisa makan di Terminal Wonosobo. Harganya murah dan makanannya enak. (Soto + Es Teh : IDR 10000 , Nasi + Sayur + Telur + Es Teh : IDR 10000)