Gugelberg

"All grown-ups were once children… but only few of them remember it.” ― Antoine de Saint-Exupéry

From Bosscha to Bosscha

Setelah beberapa akhir pekan penuh kegiatan, saya dihadapkan pada sebuah akhir pekan tanpa kegiatan. Teman-teman seperjuangan saya tiba-tiba punya kegiatan masing-masing (sudah pada punya pacar). Akhirnya saya memutuskan untuk membuat kegiatan sendiri. Kegiatan ini saya sebut “From Bosscha to Bosscha”.

Seperti yang sudah bisa ditebak, kegiatan ini terkait dengan Observatorium Bosscha yang ada di Bandung. Saya menghubungi beberapa teman untuk melakukan kegiatan ini. Lagi-lagi teman saya sedang sibuk sehingga saya harus melaksanakan kegiatan ini sendirian. Kegiatan ini saya lakukan pada 13 September 2014.

From Bosscha to Bosscha

Sudah bisa diduga bahwa salah satu kata Bosscha adalah Observotium Bosscha. Satu Bosscha lagi tidak terlalu dikenal orang terletak di dalam kampus ITB. Bosscha Laboratorium terletak di dalam kampus ITB. Apabila anda belum tahu letak pastinya, Anda bisa mengelilingi kampus untuk mencarinya. Sebagai bantuan, laboratorium ini tidak terletak di program studi Astronomi.

From Bosscha....

From Bosscha….

... to Bosscha

… to Bosscha

Saya memutuskan untuk berjalan dari Bosscha Laboratorium menuju Obervatorium Bosscha. Mengapa? Karena saya mampu dan kurang kerjaan.

From Bosscha to Bosscha

From Bosscha to Bosscha

 

Saya membutuhkan waktu 2 jam 13 menit 16 detik untuk melakukan perjalanan ini. Saya menempuh jarak 10.41 kilometer dan elevasi 590 meter. Saya berangkat dari dalam kampus ITB menuju gerbang belakang. Rute yang Saya tempuh melalui Ciumbuleuit. Untuk rute yang lebih jelasnya, anda bisa melihat gambar di atas.

Setelah sampai pada jam 11, saya memutuskan untuk membeli tiket masuk Bosscha.

Tiket masuk Observatorium Bosscha

Tiket masuk Observatorium Bosscha

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Bosscha pada malam hari, hanya bisa pada hari-hari tertentu di bulan April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September dan Oktober. Daftar tanggal untuk kunjungan malam ke Observatorium Bosscha bisa anda lihat di sini. Dengan uang tiket hanya IDR 20000 sebenarnya tidak terlalu mahal. Tetapi Anda tidak bisa langsung begitu saja datang untuk melakukan pengamatan. Anda perlu membeli tiket untuk kunjungan malam ini jauh-jauh hari sebelumnya. Bahkan mungkin beberapa bulan sebelumnya. Seandainya anda punya rencana untuk datang ke Bosscha pada 2015, saya sarankan sejak awal tahun sudah membuka-buka web di ini untuk mengetahui jadwal kunjungan malam dan membeli tiketnya.

Pada kunjungan malam, Anda akan diajak untuk mengamati bulan, bintang dan planet yang tampak menggunakan beberapa teleskop yang ada di Observatorium Bosscha. Dulu ketika saya datang, teleskop yang digunakan adalah Unitron dan Bamberg.

Untuk kunjungan siang di hari Sabtu, kunjungan bisa dilakukan pada jam 10.00-13.00 WIB. Tiket bisa langsung dibeli pada hari-H. Anda bisa mengikuti kuliah singkat mengenai astronomi dan masuk ke bangunan di bawah ini.

Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha

Setelah puas berjalan-jalan dan berfoto-foto, saya memutuskan untuk kembali ke kost. Saya menggunakan jalur normal untuk kembali. Berjalan 1 kilometer menuju jalur angkot dan naik angkot ST Hall-Lembang sampai Terminal Ledeng. Berganti angkot Caheum-Ledeng untuk sampai ke kost.

Apabila anda ingin naik angkot ke Bosscha, Anda bisa naik angkot ST Hall-Lembang. Anda tinggal bilang saja mau ke Bosscha (boska), supir angkot akan menurunkan anda pada pintu masuk Bosscha. Dari pintu masuk sampai ke Observatorium Bosscha (jarak 1km dengan elevasi 100m), anda bisa naik ojek (dulu sih IDR 5000) atau berjalan kaki.

Selamat berkunjung ke Bosscha!

6 comments on “From Bosscha to Bosscha

  1. Mabruri
    16/09/2014

    nice, Mas Lo.
    kapan2 semoga bisa ke bosscha, bersepeda dr Jakarta. rasanya sih mampu, kerjaan jg kurang. hari libur yg belum pas.
    Salam,
    AM

    • gugelberg
      17/09/2014

      Yuk sepedaan Jakarta-Bandung…. keinginan udah ada nih….

  2. Ardianto
    18/09/2014

    Bosscha satunya yang di Fisika kan?

  3. pinah
    26/12/2014

    beuh, jalan kaki euy. mantap😀

Leave a Reply

Information

This entry was posted on 15/09/2014 by in Travelling and tagged , , .
