Gugelberg

"All grown-ups were once children… but only few of them remember it.” ― Antoine de Saint-Exupéry

Papandayan

H-3

Seorang teman saya tiba-tiba mengajak untuk naik ke Gunung Papandayan pada akhir pekan. Saya yang mencari kegiatan akhirnya memutuskan untuk ikut.

H-1

Saya ke Bandung dan mempersiapkan peralatan untuk dibawa. Saya juga baru tahu bahwa akan ada 11 orang dalam rombongan saya. Saya, 2 orang yang sudah saya kenal, 1 orang yang baru saya kenal H-1, dan 7 orang yang belum saya kenal.

H

Kami pergi ke Gunung Papandayan menggunakan sepeda motor. Jalan menuju ke Camp David (pos pendaftaran di Papandayan) sangat buruk. Saya sempat terjatuh karena sepeda motor yang saya naiki selip. Beberapa mobil pun mengalami kesulitan untuk melewati jalan tersebut. Hancur banget lah pokoknya.

Setelah mendaftar di Camp David (biaya pendaftara 10k kalo gak salah), kami pun mulai berjalan.

Sebelum melakukan pendakian

Waktu yang dibutuhkan dari Camp David sampai Lawang Angin kira-kira 1,5 jam. Di perjalanan, anda akan bisa melihat pemandangan kawah dan asap. Banyak spot yang baik untuk foto-foto.

Masih banyak spot yang lebih menarik sebenarnya

Setelah sampai di Lawang Angin, Anda bisa memilih untuk berkemah di Gober Hut atau di Pondok Saladah. Kami memutuskan untuk berkemah di Gober Hut karena kami mendengar kabar bahwa ada 3000 orang yang naik Papandayan hari ini dan Pondok Saladah cukup penuh. Lama perjalanan dari Lawang Angin ke Gober Hut kira-kira 1 menit.

Pada pagi harinya, kami melihat matahari terbit. Kami melihat matahari terbit di daerah Gober Hut, kira-kira 1 menit jalan dari kemah kami. 1 menit karena masih gelap sehingga harus berhati-hati. Kalau siang bisa 30 detik.

Saya ketika matahari terbit

Setelah sarapan kami pun melanjutkan perjalanan ke Lawang Angin dan lanjut ke Pondok Saladah, waktu yang dibutuhkan kira-kira 15 menit. Pondok Saladah merupakan tempat datar yang luas dan cocok untuk mendirikan tenda. Luas dan sangat ramai dengan orang.

Pondok Saladah

Kami melanjutkan perjalanan ke Hutan Mati, kira-kira butuh waktu 20 menit untuk sampai. Disini banyak spot yang sangat baik untuk berfoto.

Hutan Mati

Kami melanjutkan perjalanan ke Tegal Alun, kira-kira setelah 45 menit kami sampai. Tegal Alun merupakan sebuah padang Edelweiss. Saya kurang beruntung karena datang ketika Edelweiss belum berbunga. Padahal Tegal Alun merupakan salah satu padang Edelweiss yang terkenal dan sangat indah (dari foto disini)

Tegal Alun ketika Edelweiss belum berbunga

Rute yang biasa dilalui orang adalah Pondok Saladah-Tegal Alun-Hutan Mati-Pondok Saladah. Rute yang kami lalui adalah Pondok Saladah-Hutan Mati-Tegal Alun-Pondok Saladah, biar gak mainstream.

Setelah berfoto-foto di Tegal Alun, kami kembali ke Gober Hut. Waktu yang kami habiskan untuk Gober Hut-Tegal Alun PP adalah 4 jam. Setelah berberes tenda, kami kembali ke Camp David lalu kembali ke Bandung. Karena jalan yang sangat hancur, saya kembali jatuh ketika menuruni jalan di Papandayan. Selip.

Saya menghabiskan uang kurang dari 100k untuk perjalan ke Gunung Papandayan, termasuk bekal dan makan. Liburan tidak harus mahal. Gunung Papandayan juga tidak terlalu tinggi, medannya juga tidak terlalu terjal sehingga tidak terlalu membuat capek. Pemandangan di Papandayan sangat indah. Foto-foto di atas jangan dijadikan referensi karena masalah keterbatasan kamera dan juru kamera sehingga hasilnya mungkin tidak terlalu indah.

Silakan mengunjungi Gunung Papandayan.

9/10 –> Berkurang karena jalan jelek sehingga saya jatuh 2 kali, harusnya bisa 10/10