Gugelberg

"All grown-ups were once children… but only few of them remember it.” ― Antoine de Saint-Exupéry

Dilarang Merokok

Saya cukup sering melihat orang-orang merokok di tempat dilarang merokok. Kejadian ini terjadi di sebuah bandara internasional di Indonesi. Bandara ini berada di salah satu pulau. Pulau ini termasuk dari 15 Pulau terbesar di Indonesia tetapi tidak termasuk dari 14 pulau terbesar di Indonesia.

Saya sempat berfikir bahwa masalah terbesar dalam menghadapi perokok di sembarang tempat adalah BUTA HURUF. Yap, buta huruf. Saya menebak bahwa banyak orang merokok di sembarang tempat karena ketidakmampuan membaca sehingga tidak bisa membaca tanda larangan merokok. Bisa dilihat dari foto di bawah ini bahwa gambar dilarang merokok (yang biasanya berupa rokok) pun gagal membuat mereka mengerti bahwa ini adalah kawasan dilarang merokok.

2013-06-26 12.11.38

2013-06-26 12.13.55

 

Namun setelah percakapan yang saya dengar, saya mempunyai hipotesa lain. Percakapan terjadi antara Bapak2 dan seorang pegawai bandara (PB).  Bapak2 (keturunan asing namun lancar berbahasa indonesia)

Bapak2 : Pak, itu ada orang merokok. Padahal kan dilarang merokok (sambil menunjuk tanda dilarang merokok)

PB : Tidak apa-apa Pak.

Bapak2 : Bener tidak apa-apa?

PB : Iya pak, tidak apa-apa kok (sambil tertawa)

Hipotesa saya yang baru adalah bahwa dibeberapa tempat kata dilarang mempunyai sinonim dengan boleh. Jadi ketika orang melihat tulisan “dilarang merokok” mereka memahaminya sebagai “boleh merokok”. Hal ini bisa menjelaskan beberapa hal. Mungkin untuk mengurangi orang merokok di tempat umum, mungkin tulisan yang ada bisa diganti dengan “Tidak Boleh Merokok”. Semoga membantu.

Kejadian di atas nyata saya alami dalam perjalan dari tempat turun taksi sampai ke tempat check in bandara. Bandara Internasional yang merupakan serambi Indonesia dipenuhi oleh orang-orang yang merokok dengan kemungkinan buta aksara atau orang yang tidak bisa mematuhi salah satu peraturan sederhana. Saya hanya bisa berharap ketika saya datang lagi kesana untuk melihat bukit kintamani, hal diatas sudah berubah.

 

2 comments on “Dilarang Merokok

  1. ridlo
    09/07/2013

    harusnya: “AWAS: Apa apa Merokok”
    jiahaha

Leave a Reply

Information

This entry was posted on 09/07/2013 by in Percakapan, Travelling.
