Gugelberg

"All grown-ups were once children… but only few of them remember it.” ― Antoine de Saint-Exupéry

Cicak

Saya sedang dalam perjalan dari kosan menuju kantor, di belakang saya tiba-tiba terdengar suara

Anak : Kenapa cicak bisa nempel?

Ibu : Karena emang di dinding.

Saya menunggu suara-suara tambahan, tetapi topik itu berhenti disitu (mungkin ibu nya tahu kalo aku nguping).

Saya kurang setuju dengan jawaban Ibu tersebut. Rasa ingin tahu bisa dipupuk dengan jawaban-jawaban yang bisa membangkitkan pertanyaan berikutnya. Apakah jawaban yang benar untuk pertanyaan diatas? Jawaban ilmiah, jawaban kekanak-kanakan, jawaban “karena diciptakan Tuhan begitu”, atau jawaban-jawaban lain.

Bagi yang ingin tahu , mengapa cicak bisa menempel (hampir di segala permukaan, tidak hanya dinding)? Karena Sumber. Cicak mempunyai rambut khusus yang terdapat di kakinya. Rambut-rambut tersebut mempunyai adhesi yang sangat kuat sehingga bisa menahan berat badan cicak sehingga cicak tidak jatuh.

Leave a Reply

Information

This entry was posted on 28/02/2013 by in Percakapan.
