Gugelberg

"All grown-ups were once children… but only few of them remember it.” ― Antoine de Saint-Exupéry

Soal Astro 2

Soal Astro 9 Februari 2013 Waktu pengerjaan 120 menit

  1. Misalkan sebuah bintang mempunyai temperature efektif T = 10000 K, dan radiusnya 3 x 108 m, apabila jarak bintang ini adalah 100 pc, tentukan apakah bintang ini dapat dilihat dengan mata telanjang atau tidak? Jelaskan jawabanmu
  1. Berapa lamakah planet Jupiter berada dibalik piringan bulan pada saat terjadi okultasi “central” planet Jupiter oleh Bulan. Lengkapi jawabanmu dengan sketsa.
  1. Sebuah satelit mengelilingi Matahari, berbentuk bola dan dianggap sebagai benda hitam sempurna (black body). Satelit ini secara berkesinambungan memberikan informasi tentang temperatur permukaannya (temperatur efektif) ke stasiun pengontrol di Bumi. Temperatur tertinggi yang tercatat di permukaannya 5000°K, sedangkan temperatur minimumnya 4500°K. Pertanyaannya:
    1. Tentukanlah eksentrisitas e, dan setengah sumbu panjang orbitnya, a dan periode P
    2. Andaikan ketika di aphelium tiba-tiba ada asteroid lewat sehingga impulse yang diterimanya menyebabkan ia terlepas dari gaya tarik gravitasi Matahari, berapakah kecepatannya ?
  1. Mars mempunyai dua buah satelit Phobos dan Deimos. Jika diketahui Deimos bergerak mengelilingi Mars dengan jarak a = 23490 km dan periode revolusinya P = 30jam 18 menit. Berapakah massa planet Mars bila dinyatakan dalam satuan massa Matahari ? Jika Periode revolusi Phobos 7jam 39menit, berapakah jaraknya dari Mars?
  1. Pada jam 20:00 WIB, ketika Ahmad sedang berada di Surabaya ia melihat sebuah satelit melewati meridian dengan latar belakang Centaurus. Jika satelit itu mempunya periode 10 jam. Pukul berapa satelit itu akan melewati kembali meridian Ahmad ?
  1. Andaikan pada tahun 2340 Mars diduduki oleh mahluk asing dari tata surya lain, dan kemudian terjadi peperangan antara manusia dan mahluk asing itu. Salah satu pesawat tempur antariksa dari bumi terbang horizontal pada ketinggian 1674 m dari permukaan Mars dan kecepatan 720 km/jam dan melepaskan bom dengan tujuan membom markas mahluk angkasa luar yang berada di permukaan Mars pada jarak horizontal 1000 m di depan pesawat. Abaikan atmosfir Mars, apakah bom akan mengenai sasaran? Berikan alasannya !

Daftar Konstanta

Soal minggu ini didapatkan dari software yang digunakan untuk simulasi OSN Astronomi pada tahun 2009. Semua soal merupakan buatan Tim Pembina Olimpiade Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 08/02/2013 by in Astronomi.
%d bloggers like this: