Gugelberg

"All grown-ups were once children… but only few of them remember it.” ― Antoine de Saint-Exupéry

Walau mentari terbit di utara….

Judul diatas merupakan secuplik lirik dari lagu berjudul Cantik yang dipopulerkan oleh Kahitna. Bagi yang belum pernah mendengar lagu tersebut bisa membuka link di bawah, sudah saya sertakan juga liriknya bagi yang ingin bernyanyi. Saya tertarik pada satu kalimat di lagu ini “walau mentari terbit di utara, hatiku hanya untukmu”. Awalnya saya hanya menganggap itu merupakan kalimat romantis biasa. Kalimat diatas saya artikan sebagai “walau apapun yang terjadi, bahkan yang mustahil sekalipun, hatiku hanya untukmu”. Tapi saat kurang kerjaan, tiba-tiba otak saya bertanya ” mungkin ga sih matahari itu terbit dari utara?”.

Pertama kita harus mendefinisikan dahulu arah utara. Pendefinisian arah utara adalah ketika anda berjalan menuju arah utara, anda sedang bergerak mendekati Kutub Utara. Jadi ketika anda mendekati arah selatan, tentu saja anda sedang bergerak ke arah selatan. Dan ketika anda bergerak mendekati Kutub Utara, anda dalam waktu yang bersamaan sedang menjauhi Kutub Selatan. Kutub yang dibahas disini adalah kutub rotasi bumi, bukan kutub magnet bumi.

Bagaimana penentuan arah di Kutub Utara/Selatan? Ketika kita berada di Kutub Utara (pas di lintang 90 utara), maka ke arah manapun kita berjalan, kita akan selalu menjauhi Kutub Utara, yang berimplikasi kita mendekati Kutub Selatan. Dan kalau kita mendekati Kutub Selatan, maka kita sedang berjalan ke arah selatan. Karena semua arah yang kita pilih (kecuali terbang vertikal ke atas) akan membawa kita mendekati Kutub Selatan, maka bagi pengamat di Kutub Utara semua arah adalah SELATAN. Bagi pengamat di Kutub Selatan semua arah adalah arah UTARA. Karena semua arah adalah utara, sekarang kita tinggal menunggu matahari terbit di lihat dari Kutub Selatan, yaitu pada tanggal 23 September.

Apakah mungkin matahari terbit di utara? Mungkin, pada tanggal 23 September dilihat di Kutub Selatan. Apakah mungkin matahari terbit di selatan? Mungkin, pada tanggal 21 Maret dilihat dari Kutub Utara.

CMIIW

Lirik Lagu Cantik – Kahitna

Cantik…
Ingin rasa hati berbisik
Untuk melepas keresahan
Dirimu

Cantik…
Bukan ku ingin mengganggumu
Tapi apa arti merindu
Selalu…
Ooo…

Walau mentari terbit di utara
Hatiku hanya untukmu…

Ada hati yang termanis dan penuh cinta
Tentu saja kan kubalas seisi jiwa
Tiada lagi
Tiada lagi yang ganggu kita
Ini kesungguhan
Sungguh aku sayang kamu

Cantik…
Bukan kuingin mengganggumu
Tapi apa arti merindu
Selalu…
Ooo…

Walau mentari terbit di utara
Hatiku hanya untukmu…

Ada hati yang termanis dan penuh cinta
Tentu saja kan kubalas seisi jiwa
Tiada lagi
Tiada lagi yang ganggu kita
Ini kesungguhan
Sungguh aku sayang kamu

Ingin ku berjalan menyusuri cinta
Cinta yang abadi untukmu selamanya…
Heeeei….. heya ya ya heya ya ya heya…

Ada hati yang termanis dan penuh cinta
Tentu saja kan kubalas seisi jiwa
Tiada lagi
Tiada lagi yang ganggu kita
Ini kesungguhan
Sungguh aku sayang kamu

8 comments on “Walau mentari terbit di utara….

  1. Hendra H2c
    15/11/2012

    Walau mentari terbit di utara….
    Tapi kok tenggelamnya pun tetep di utara.. >.<

    • gugelberg
      15/11/2012

      hahaha… kalau mau terbit dari barat bisa, cuma dengan jalan dikit (selangkah juga cukup). Kan ntar ada utara selatan barat dan timur lagi😀

  2. ismailsunni
    15/11/2012

    tubrukan saja bumi sehingga makin miring… nek gak, ubah definisi utara

    • gugelberg
      15/11/2012

      ubah definisi utara itu yang paling gampang….buat apa ditubruk kalo yang sekarang aja udah bisa liat…

      • ridlo
        08/12/2012

        pake aja cermin..😀 di khatulistiwa coba.. bs gak yak, gmn caranya biar keliatan dr Utara.🙂

  3. Pingback: Kembali Ke Kehidupan Absurd Bersama dengan Lagu Indonesia Jaman Dulu | R

  4. alisyaifudin
    09/06/2014

    matahari mungkin kok terbenam setengah trus terbit lagi, dan itu terjadi di titik utara maupun selatan. Bisa dihitung kok

    • gugelberg
      09/06/2014

      maaf saya kok kurang paham dengan kalimat nya ya. Saya juga bilang mungkin kok matahari terbit dari utara/selatan. Perhitungan bagaimana yang dimaksud?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 15/11/2012 by in Uncategorized.
%d bloggers like this: