Gugelberg

"All grown-ups were once children… but only few of them remember it.” ― Antoine de Saint-Exupéry

99% ?

Beberapa tahun yang lalu muncul sebuah produk untuk membersihkan tangan tanpa menggunakan sabun. Produk ini diterima masyarakat dengan baik karena sangat memudahkan bagi orang-orang yang ingin makan namun kesulitan menemukan air untuk mencuci tangan (atau yang malas bergerak). Dan sekarang sudah muncul banyak sekali produk serupa dengan merk yang berbeda-beda. Saya teringat semboyan awal salah satu produk tersebut yaitu “menghilangkan 99% kuman”. Karena saya pernah belajar statistika (sebenarnya karena saya kurang kerjaan), saya memikirkan arti dari angka 99% tersebut. Ada 3 arti yang terlintas pada pikiran saya :

1. Produk tersebut hanya bisa membunuh 99% kuman dari semua kuman yang ada. Misalkan di tangan kita ada 100000 kuman, maka masih ada 1% kuman tersisa yaitu sebanyak 1000 kuman. Masalahnya jumlah bakteri di tangan kita bisa melebihi jumlah manusia yang ada di muka bumi ini, sehingga jumlah kuman di tangan kita akan berkisar 70an juta kuman. Dengan jumlah sebanyak itu kita tinggal berharap bahwa semua kuman itu tidak berbahaya.

2. Produk tersebut hanya bisa membunuh 99% varian virus dari semua varian virus yang ada. Ada minimum ratusan varian bakteri yang hidup di tangan anda. Karena ada ratusan jenis virus, maka ada beberapa jenis virus yang masih akan hidup ketika anda mengusah tangan anda dengan produk tersebut. Dan kesehatan anda bergantung pada jumlah setiap virus dan varian virus yang masih hidup. Apabila varian virus pembuat sakit dengan jumlah yang masih banyak maka kemungkinan anda sakit juga tetap besar.

3. Produk tersebut membunuh 99%-100% kuman yang ada. Produk tersebut tidak “berani” menuliskan 100% karena memang tidak ada jaminan untuk itu. Dan produk ini membunuh semua jenis kuman berbahaya yang umum terdapat di tangan manusia. Dan happy ending, hampir semua kuman berbahaya mati dan kita bisa makan tanpa perlu mencuci tangan dengan sabun.

 

Terkadang pikiran sesaat memang agak random. Sebenarnya masih banyak kemungkinan yang ada, namun saya tidak sekurang kerjaan itu untuk menuliskan semuanya. Dan saya lebih memilih mencuci tangan dengan sabun apabila disediakan daripada hanya menggunakan produk-produk tersebut. Dan saya lebih memilih menggunakan produk-produk tersebut daripada mencuci tangan di “kobokan” yang disediakan oleh warung-warung di pinggir jalan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 23/10/2012 by in Uncategorized.
%d bloggers like this: