Gugelberg

"All grown-ups were once children… but only few of them remember it.” ― Antoine de Saint-Exupéry

Prasangka?

Saya merasa, sangat susah untuk mengetahui mana orang yang benar-benar membutuhkan bantuan dan orang yang ingin memanfaatkan kebaikan orang. Kejadian ini saya alami pada bulan Oktober 2012 di depan Stasiun Bandung. Saya baru saja sampai di Bandung menggunakan kereta api dari Surakarta sekitar jam 17.00. Saya menunggu angkot Cisitu-Tegalega untuk membawa saya ke kos. Sambil menikmati suasana hujan rintik-rintik dan mencari angkot berwarna ungu tersebut, tiba-tiba ada bapak-bapak menyapa saya.

Bapak-bapak = Dek, saya mau minta tolong. Saya berasal dari luar daerah

Sewaktu mendengar kata-kata tersebut, saya langsung teringat beberapa kisah penipuan yang pernah saya alami atau saya dengar dari teman-teman saya atau saya baca dari forum-forum di dunia maya. Kisah tentang orang-orang yang pura-pura tersesat dan meminta uang untuk kembali ke tempat yang dia kenal.

Lo = Saya juga dari luar daerah pak

Saya menyela ucapan bapak tersebut sambil berharap saya bisa menghindari “penipuan” ini lebih cepat

Bapak-bapak = Tolong bantu saya menyeberang jalan

Jujur saya terkejut dengan permintaan bapak tersebut. Memang pada jam tersebut lalu lintas di depan stasiun cukup ramai dan jalan penuh dengan kendaraan (yang sebenarnya padat merayap dan memudahkan untuk menyeberang jalan). Lalu saya bantu bapak tersebut untuk menyeberang jalan. Sambil berjalan, di pikiran saya tiba-tiba terlintas pikiran tentang penghipnotisan yang sering saya baca. Sampai di tempat tujuan bapak tersebut mengulurkan tangannya…. Dalam hati berkecamuk, Jabat tangan, Tidak, Jabat tangan, Tidak….. Meski saya takut dihipnotis, namun akhirnya saya mengulurkan tangan saya. Bila ada orang mengulurkan tangan maka kita harus menyambutnya. Sambil menjabat tangan saya, bapak tersebut mengucapkan “Terima Kasih”. Lalu bapak tersebut pergi mencari alamat yang dia tuju. Untunglah bapak tersebut tidak bisa membaca pikiran saya….

2 comments on “Prasangka?

  1. Luki
    05/12/2012

    sebenernya bapaknya mw pke gendam.. tapi ilmunya mental gara” aura lu lo… wkwkwk..

  2. Pingback: Menyeberang | Gugelberg

Leave a Reply

Information

This entry was posted on 21/10/2012 by in Travelling.
